Cara Mengatasi Sakit Punggung Akibat Terlalu Lama Duduk Depan Laptop

Sakit punggung saat ini merupakan penyakit yang semakin umum dirasakan oleh rata-rata orang Indonesia disaat pandemi seperti ini, hal itu terjadi tidak lain karena kebijakan Work From Home dan juga sekolah daring yang membuat anda para pekerja dan juga pelajar harus duduk dalam jangka waktu yang cukup lama di depan laptop anda. Kebanyakan nyeri punggung yang dialami yaitu nyeri punggung di bagian bawah yang terjadi karena kurangnya pergerakan yang terjadi pada tubuh anda sehingga membuat aliran darah sedikit terhambat, hal ini juga yang terkadang memberikan rasa tegang atau pegal-pegal pada punggung anda. Nyeri pada punggung ringan biasanya hanya berlangsung beberapa saat saja, biasanya setelah melakuka peregangan punggung akan terasa sedikit lega kembali. Cara mengatasi sakit punggung biasanya dapat dilakukan dengan melakukan hal-hal tertentu, diantaranya sebagai berikut :

1. Menyesuaikan Posisi Bekerja
Pada saat Work from home maupun sekolah daring seperti sekarang ini tentunya anda akan duduk dalam jangka waktu yang lama di depan laptop, maka dari itu sesuaikan posisi duduk anda dengan memilih tempat duduk atau kursi dengan permukaan yang rata kemudian gunakanlah kursi yang memiliki penopang di bagian belakang untuk punggung anda. Selain itu posisi laptop juga harus berada tidak boleh lebih tinggi atau lebih rendah dari postur duduk anda dan jaraknya pun tidak boleh terlalu jauh dari anda. Terakhir simpanlah barang-barang atau peralatan yang biasa anda gunakan saat bekerja agar berada dalam jangkauan anda.

2. Bergerak Bangun Setiap 1 Jam Sekali
Saat anda duduk dalam waktu yang lama tentunya aliran darah anda akan berkumpul di beberapa bagian tertentu, hal itu yang membuat anda terkadang mengalami kesemutan, pegal-pegal bahkan kram otot. Maka untuk menghindari hal itu disarankan sebaiknya setiap 1 jam sekali anda bangun dari posisi duduk anda dan berjalan atau melakukan sedikit peregangan hal ini bertujuan untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh anda dan mengurangi rasa pegal pada punggung.

3. Gunakan Krim Pereda atau Kompresan
Jika anda sudah mempersiapkan posisi duduk yang baik bahkan anda juga sudah melakukan peregangan setiap 1 jam sekali tapi tetap saja anda masih merasa sakit di bagian punggu anda. Maka anda bisa mengompres punggung anda dengan air dingin selama 10 menit atau anda juga bisa mengoleskan krim Pereda nyeri untuk punggung di bagian punggung yang terasa sakit. Hal tersebut tentunya dapat mengurangi rasa sakit yang dirasakan oleh punggung.

4. Merubah Posisi Tidur
Tidur denga posisi yang tidak tepat juga bisa menjadi salah satu faktor anda mengalami sakit punggung. Posisi tidur yang dianjurkan untuk anda yang mengalami sakit punggung yaitu dengan posisi miring dan lutut ditarik kearaj dada kemudian tarulah sebuat bantal diantara kaki anda. Disarankan sebaiknya juga jangan tidur dengan menggunakan kasur yang terlalu empuk atau terlalu keras karena hal itu bisa menyebabkan punggung menjadi tegang.

5. Meminum obat Pereda Nyeri
Jika sakit punggung terus berlangsung maka anda juga bisa mengatasinya dengan meminum obat Pereda nyeri punggung yang dijual bebas di apotek, tetapi jika setelah minum obat sakit dipunggung masih berlangsung maka anda disaranka untuk berkonsultasi dengan dokter.

Berikut merupakan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meredakan nyeri punggung yang sering anda rasakan.

Share this :

Latest
Previous
Next Post »