Review Smartphone 1 Jutaan Dengan Layar Berponi: Realme C1

Sebagai smartphone low budget, Realme C1 tidak dibekali spesifikasi kelas wahid. Meski begitu, tampilannya terbilang kekinian karena memiliki layar dengan notch. Selain desain yang kekinian, keunggulan apa yang dimiliki Realme C1? Berikut gambaran lengkapnya untuk Anda.

Tampilan Realme C1
Realme C1 dibekali layar IPS dengan ukuran yang lebih besar yakni 6,2 inci. Resolusi ponsel ini HD plus 720 × 1520 piksel (271 ppi), dan aspek rasio 19: 9. Layarnya telah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 dan juga dilapisi dengan lapisan anti gores di pabrik.

Menyangkut kualitas layar, ponsel ini ini sangat berguna untuk penggunaan sehari-hari. Dengan harga yang ditawarkan, ponsel ini menyediakan fitur yang oke.

Desain yang Mengesankan
Keunggulan ponsel ini dimulai dengan desain smartphone entry-levelnya yang mengesankan. Ponsel ini berukuran 156,2 x  75,6 x 8,2 mm. Berat ponsel ini sebesar 168 gram. Rasio bagian depan layar sekitar 81,2%, dengan notch, membuatnya luar biasa unik. 

Notch pada ponsel ini menampung kamera depan, lubang suara, sensor jarak, dan pencahayaan. Bezel kanan, kiri dan atas sangat minim, bahkan bagian dagu sangat tipis. Bagian punggung ponsel ini juga terlihat cukup elegan. Realme menggunakan material yang disebut komposit polikarbonat. Seperti kaca, tetapi bukan kaca, komposit polikarbonat terasa lebih baik daripada plastik biasa.

Harga Terjangkau
Ponsel ini memiliki kemampuan bersaing dengan produk sejenis. Selain itu, smartphone ini juga merupakan salah satu smartphone "pilihan terbaik" dengan harga di kisaran Rp 1 jutaan. 

Hanya ada satu kelemahan pada ponsel ini, yakni tidak adanya sensor sidik jari. Untuk harga yang sempat mengalami kenaikan Rp200.000 dari yang semula Rp1,4 juta menjadi Rp1,6 juta memang sangat disayangkan. Meskipun harga ini masih tetap ramah di kantong.

Kamera Berteknologi Tinggi
Kamera selalu menjadi fitur penting pada smartphone. Kamera juga merupakan salah satu fitur andalan ponsel ini. Terdapat dua kamera pada bagian belakang ponsel ini  Kamera utamanya 13 megapiksel dengan aperture f / 2.2 dan teknologi AF. Sementara itu, 2 megapiksel merupakan resolusi kamera kedua sebagai sensor kedalaman. Aperture kamera kedua ini sebesar f / 2.4. Pada bagian depan hanya dibekali kamera 5 megapiksel.

Tidak ada pengaturan di aplikasi kamera ponsel ini, semua fungsi ditampilkan di bagian depan. Enam mode utama disediakan, yaitu foto, video, potret, stiker, selang waktu, dan panorama.

Baterai dan Platform
Kapasitas baterai 4.230 mAh (digunakan untuk mendukung pengoperasian perangkat) juga menjadi salah satu kelebihan ponsel ini yang memiliki daya tahan baterai yang baik.

Sebagai smartphone dengan harga Rp 1 jutaan, ponsel ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 450.  Chipset Snapdragon 450 sendiri dibekali dengan prosesor Cortex-A53 delapan inti berkecepatan 1,8 GHz dan pengolah grafis Adreno 506. 

Dengan spesifikasi tersebut, smartphone ini juga dapat memainkan game 3D dengan cukup lancar dalam konfigurasi sedang. Hal tersebut memastikan smartphone ini memiliki performa yang cukup kencang di antara produk sejenis. Smartphone ini berjalan pada sistem operasi Android Oreo 8.1 dengan antarmuka Color OS 5.1.

Untuk smartphone kelas menengah seperti ponsel Ini, performanya tidak terlalu bagus. Pasalnya, masih banyak ponsel pintar dengan performa serupa, harganya Rp1-2 jutaan, serta memiliki prosesor dual-core dan RAM 2-3 GB.

Sebaliknya, Realme C1 mencoba menarik kesan pecinta gadget kelas menengah dengan menghadirkan tampilan menarik. Seperti: notch, bingkai layar lumayan tipis, kamera ganda, dan bodi besar. Bahkan, smartphone ini juga memberikan kilap pada material polycarbonate di bagian belakangnya, sehingga terlihat seperti cermin layaknya smartphone flagship.

Share this :

Previous
Next Post »