Inilah Cara Memandikan Kucing Agar Rambutnya Tidak Rontok

Cara memandikan kucing yang baik dan benar perlu Anda ketahui. Tentu saja sebagai pecinta kucing dan berniat untuk selalu menyayanginya, Anda tak mau ada kendala di tubuhnya. Salah satu kendala yang sering terjadi pada kucing adalah kerontokan bulu. Mengingat bulu adalah salah satu alasan besar mengapa kucing disukai, maka jangan sampai rambut yang rontok berlebihan.


Persiapan Sebelum Memandikan Kucing
Anda akan segera mengetahui bagaimana cara memandikan kucing yang benar. Karena dengan demikian, rambut kucing tak akan terlalu banyak rontok atau malahan tidak rontok sama sekali.

Langkah pertama yang harus Anda tahu untuk memandikan kucing adalah dengan mencari waktu yang tepat untuk memandikan. Lalu kapan waktu yang tepat untuk memandikan ini? Jawabannya adalah ketika kucing merasa rileks, sudah mau mandi dan tidak melawan, serta pastikan perutnya tidak kosong ketika dimandikan. Karenanya, Anda bisa terlebih dahulu memberi makan kucing sebelum memandikannya.

Setelah siap untuk mandi, persiapkan peralatan memandikan kucing yang Anda punya dan gunakan air hangat untuk memandikannya. Anda bisa langsung mengambilnya dari water heater, bisa juga dengan merebus air dulu. Selalu gunakan shampo khusus kucing untuk memandikannya, karena penyebab kerontokan rambut kucing yang umum adalah digunakannya shampo bukan khusus kucing.

Tips dan Cara Memandikan Kucing yang Benar
Selain menggunakan air hangat dan shampo khusus kucing, ada langkah memandikan yang perlu Anda ketahui. Begini singkatnya, siapkan peralatan, siram seluruh bagian kucing secara perlahan, tuang sedikit shampo kucing, gosok kulit kucing dengan shampo, bilas perlahan sampai benar-benar bersih, keringkan menggunakan handuk dan hair dryer.

Memastikan kucing sudah benar-benar kering adalah hal yang penting. Sebab, alasan kedua terbesar bulu kucing rontok adalah karena pengeringan yang belum maksimal. Dengan demikian, disarankan pengeringan dua kali supaya bulu kucing benar-benar bersih. Di awal mungkin kucing akan merasa terganggu dengan hair dryer atau kipas angin.

Anda mungkin juga akan kesulitan, namun tak masalah lagi jika kucing sudah terbiasa. Begitulah cara memandikan kucing supaya bulunya tidak rontok, mudah bukan?

Share this :

Previous
Next Post »